Minggu, 18 Oktober 2015

Aspek Teknik Dan Teknologi Studi Kelayakan Bisnis


BAB I
PENDAHULUAN
                                 

            Penelitian terhadap rencana bisnis yang tidakhanya menganalisa layak atau tidak layak bisnis dibangun, tetapi juga saat dioperasionalkan secara rutin dalam rangka pencapaian keuntungan yang maksimal untuk waktu yang tidak ditentukan. Studi mendalam artinya meneliti secara sungguh – sungguh data dan informasi yang ada kemudian diukur, dihitung, dan dianalisis hasil penelitian  Kelayakan dapat tersebut dengan menggunakan metode – metode tertentu. diartikan bahwa usaha yang dijalankan akan memberikan keuntungan financial dan non financial sesuai tujuan yang mereka inginkan atau dapat diartikan juga akan memberikan keuntungan tidak hanya bagi perusahaan yang menjalankannya, tetapi juga bagi investor, kreditor, pemerintah,dan  Bisnis adalah usaha yang dijalankan dengan tujuan masyarakat luas. Untuk memperoleh keuntungan ( financial ) sesuai dengan tujuan dan target yang diinginkan dalam berbagai bidang, baik jumlah maupun waktunya .Dengan kata lain bisnis merupakan seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang – orang yang berkecimpung di dalam bidang perniagaan ( produsen,pedagang, konsumen, dan industri dimana perusahaan berada) dalam rangka memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka.

Aspek teknik dan teknologi  terdiri dari pemilihan strategi produksi, pemilihan dan perencanaan produk yang akan diproduksi, rencana kualitas, pemilihan teknologi, rencana kapasitas produksi, perencanaan letak pabrik, perencanaan tata letak ( layout ) perencanaan jumlah produksi, manajemen persediaan, pengawasan kualitas produk.




BAB II
KAJIAN PUSTAKA


Tujuan studi aspek teknik dan teknologi adalah untuk meyakini apakah secara teknis dan pilihan teknologi, rencana bisnis dapat dilaksanakan secara layak atau tidak layak , baik pada saat pembangunan proyek atau operasional secara rutin.
Studi aspek teknik dan teknologi, meliputi:
1.      Penentuan strategi produksi, dan perencanaan produk
2.      Proses pemilihan teknologi untuk produksi
3.      Penentuan kapasitas produksi yang optimal
4.      Letak pabrik dan layoutnya, dan tata letak usaha dan layoutnya.
5.      Rencana operasianal dalam hal jumlah produksi.
6.      Rencana pengendalian persediaan bahan baku dan barang jadi.
7.      Pengawasan kualitas produk, baik dalam bentuk barang ataupun jasa


2.1  Masalah Manajemen Operasional
Manajemen operasional adalah suatu fungsi atau kegiatan manajemen yang meliputi perancanaan, organisasi staffing, koordinasi, pengarahan, dan pengawasan terhadap operasi perusahaan. Operasi ini merupakan suatu kegiatan (didalam perusahaan) untuk mengubah masukan menjadi keluaran, sehingga keluarannya akan lebih bermanfaat dari masukannya. Keluaran tersebut dapat berupa barang dan atau jasa. Tugas menajemen di perusahaan adalaha untuk mendukung manajemen dalam rangka pengambilan keputusan masalah-masalah produksi atau operasi. Ada tiga masalah pokok yang dihadapi perusahaan, yaitu:



a)       Masalah penentuan posisi perusahaan.
Penetuuan posisi perusahaan dalam masyarakat bertujuan agar keberadaan perusahaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan dapat dijalankan secara ekonomis, efektif dan efsien.
b)      Masalah desain.
Masalah desain akan mencakup perancangan fasilitas operasi yang akan digunakan. Untuk mengatasi masalah ini, hendaknya dilakukan pengambilan keputusan di bidang rancang bangun ( design ) . Untuk proses manufaktur yang menghasilkan barang, keputusan ini antara lain meliputi; perencanaan letak pabrik, proses operasi, teknologi yang digunakan, rencana kapasitas mesin yang akan dipakai, perencanaan bangunan, tata-letak ( layout ) ruangan, dan lingkungan kerja.
c)      Masalah operasional.
Masalah operasional timbul biasanya pada saat proses produksi sudah berjalan. Untuk proses manufaktur yang menghasilkan barang, keputusan terhadap masalah operasional ini antara lain : rencana produksi, rencana persediaan bahan baku, penjadwalan kerja pegawai, pengawasan kualitas dan pengawasan biaya produksi.

2.2  Masalah Proses Produksi dan Proses Operasi
Persoalan-persoalan dalam proses prosduksi atau operasi ternyata cukup banyak dan kompleks. Namun, Persoalan-persoalan itu akan dipilah-pilah, dan disesuaikan dalam studi kelayakan bisnis. Untuk Proses manufaktur, persoalan – persoalan dalam proses tersebut dikelompokan sesuai dengan masalah manajemen operasional diatas, sebagai berikut:
1.    Kelompok Masalah Posisi Perusahaan
1.    Pemilihan Startegi Produksi
        Agar barang atau jasa yang diproduksi akan memenuhi kebutuhan konsumen, biasanya didahului dengan suatu kegiatan penelitian pasar dan pemasaran. Dari masukan penelitian pasar dan pemasran ini, berikutnya akan ditetapkan  macam-macam  produk yang menjadi alternatif untuk dibuat, selanjutnya akan dikaji pula kaitanya dengan aspek-aspek yang lain, seperti aspek keuangan dan seterusnya.
2.    Pemilihan dan Perencanaan Produk
        Setelah beberapa alternatif ide produk tersaring,selanjutnya akan dikaji produk ( beberapa produk ) apa yang menjadi prioritas untuk diproduksi. Biasanya, untuk menetapkan produk ( produk-produk ) tersebut akan dilakukan melalui tahapan – tahapan pekerjaan , tahapan itu meliptuti :



  • Penentuan Ide Produk dan Seleksi


        Pada intinya, aspek pasar dan pemasaran untuk mengetahui apakah ide-ide produk diperkirakan untuk mengetahui apakah perusahaan mampu membuat produk tersebut dengan segala sumber daya yang dimilikinya. Sedangkan untuk aspek keuangan, adalah meniliai apakah produk tersebut jika dihasilkan akan mendatangkan keuntungan yang sesuai dengan harapan.


  • Pembuatan Desain Produk Awal


        Dalam produksi barang, gambaran desain awal akan lebih jelas bila dibandingkan dengan produk jasa. Dalam  membuat desain produk awal ini, hendaknya dipertimbangkan hal-hal seperti: manfaat produk yang akan dibuat, fungsi yang hendaknya dimiliki barang agar menunjang manfaat-manfaatnya, desain, seni, dan estitika barang yang akan diproduksi. Desain produk awal ini akan ditindaklanjuti menjadi produk yang lebih mendekati sebenarnya.


  • Pembuatan Prototip dan Pengujian


        Prototip adalah produk yang dibuat sebagai produk percobaan sebelum produk dibuat secara besar-besaran. Ia berguna untuk menilai kemampuan produk agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.Semetara itu, pengujian dilakukan untuk mengetahui apakah prototip ini sudah dapat diimplementasikan atau belum. Jika belum, masih dapat diperbaiki lagi, lalu diuji lagi dan seterusnya sehingga prototip ini sesuai dengan harapan. Akhirnya, terciptalah desain produk akhir yang siap unutk diimplementasikan.


  • Implementasi


        Tahap ini mecoba untuk menilai apakah produk yang sudah diproduksi dan ditawarkan di pasar memiliki masa depan yang baik.

3.    Perencanaan Kualitas
        Kualitas produk merupakan hal penting bagi konsumen. Perusahaan hendaknya menentukan suatu tolak ukur rencana kualitas produk dari tiap dimensi kualitasnya. Dimensi kualitas produk dapat dipaparkan berikut  ini:

a.        Produk Berupa barang
        Menurut David Garvin, yang dikutip Vincent Gaspersz, menentukan dimensi kualitas barang dapat dilkakukan melalui delapan dimensi seperti berikut ini:




a. Performance, hal ini berkaitan  dengan aspek fungsional suatu barang dan merupakan karateristik utama yang dipertimbangkan pelanggan dalam membeli barang tersebut
       b. Features, yaitu aspek performasi yang berguna untuk menambah fungsi dasar, berkaitandengan pilihan-pilihan produk dan pengembangnya.
Ø  Reliablility, hal yang berkaitan dengan probablitas atau kemungkinan suatu  barang berhasil menjalankan fungsinya setiap kali digunakan dalam periode waktu tertentu dan dalam kondisi tertentu pula.
Ø  Confermance, hal ini berkaitan dengan tingkat kesesuaian terhadap spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya berdasarkan pada keinginan pelanggan.
Ø  Durability, yaitu suatu refleksi umur ekonomis berupa ukuran daya tahan atau masa pakai barang.
Ø  Serviceability, yaitu karakteristik yang berkaitan dengan kecepatan, kompentensi, kemudahan, dan akurasi dalam memberikan layanan untuk perbaikan barang
Ø  Aesthetics, merupakan karakteristik yang bersifat subjektif mengenai hal-hal estetika yang berkaitan dengan pertimbangan pribadi dan refleksi dari prefensi individual.
Ø  Fit and finish, suatu sifat subjektif, berkaitan dengan perasaan pelanggan mengenai keberadaan produk tersebut sebagia produk yang berkualitas.

b.              Produk Jasa/ Servis
        Zeithaml et. al. mengemukakan lima dimensi dalam menentukan kualitas jasa, yaitu :
ü Reliability, yaitu kemampuan untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan janji yang ditawarkan.
ü Responsiveness, yaitu respon atau kesigapan karyawan dalam membantu pelanggan dan memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap.
ü Assurance, meliputu kemampuan karyawan atas: pengetahuan terhadap produk secara tepat, kualitas keramah-tamahan, perhatian dan kesopanan dalam memberi pelayanan, keterampilan dalam memberikan informasi, kemampuan dalam memberikan informasi, kemampuan dalam memberikan keamanan didalam memanfaatkan jasa yang ditawarkan, dan kemampuan dalam menanamkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan. Dimensi ini merupakan gabungan dari dimensi kompetensi, kesopanan, dan kredibilitas.
ü Emphaty, yaitu perhatian secara individual yang dibeikan perusahaan kepada pelanggan seperti kemudahan untuk menguhubungi perusahaan, kemampuan karyawan untuk berkomonikasi dengan pelanggan, dan usaha perusahaan untuk memahami keinginan dan kebutuhan pelangganya. Dimensi emphaty ini merupakan gabungan dari dimensi Akses, Komunikasi dan Pemahaman pada Pelanggan.
ü Tangibles, meliputi penampilan fasilitas fisik seperti gedung dan ruangan frontoffice, tersedianya tempet parkir, kebersihan, kerapihan dan kenyaman , kelengkapan peralatan komunikasi dan penampilan karyawan.

2.    Kelompok Masalah Desain
4.    Pemilihan Teknologi
     Berkaitan dengan pemilihan teknologi, biasanya suatu produk tertentu dapat diproses dengan lebih dari satu cara, sehingga teknologi yang dipilih pun perlu ditentukan secara jelas. Patokan umum yang dapat dipakai misalnya adalah dengan mengetahui seberapa jauh derajat mekanisasi yang diinginkan dan manfaat ekonomi yang diharapkan.
5.    Rencana Kapasitas Produksi
     Kapasitas didefinisikan sebagai suatu kemampuan pembatas dari unit produksi untuk berproduksi dalam waktu tertentu. Kapasitas dapat dilihat dari sisi masukan ( input ) dan keluaran ( output ). Rencana kapasitas produksi dalam rangka studi kelayakan aspek teknis dan teknologi ini tergantung beberapa pilihan sistem , antara lain:
ü Skala Ekonomi
     Dengan faktor ini, kapasitas yang dipilih adalah yang memilki biaya per unit yang paling rendah. Akan tetapi cara ini memiliki kelemahan-kelemhan, seperti: waktu pengambilan modalnya berjangka panjang , akibatnya produk menjadi kurang fleksibel untuk disesuaikan dengan pelanggan.
ü Focused facilities
     Dengan banyakanya kelemahan dengan system skala ekonomi diatas, maka munculah system focused facilities. Dimana cara ini mempertahankan volume produksi yang tinggi diganti dengan penyediaan produk yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, dalam perencanaan kapasitas produksi, terdapat dua ekstirm strategi, Pertama Strategi Ekspansi , startegi ini lebih bersifat proaktif., sedangkan cara kedua, dilakukan wait and see, dimana cara ini dilakukan , jika permintaan produk sudah yakin benar meningkat atau tidak meningkat.

6.    Perencenaan Letak Pabrik
ü Bagi Perusahaan Manufaktur
o  Letak pabrik sebagai tempat proses produksi perlu dianalisis secara saksama karena sangat berpengaruh terhadap banyak aspek, seperti biaya. Murah atau mahalnya harga produk tergangtunga pula pada ketak pabrik karena jarak berpengaruih terhadap harga di pasar. Rentetang akibat lainnya adalah masalah kemampuan di pasar, yang ujung-ujungnya akan mempengaruhi laba yang akan dihasilkan.
o  Dalam suatau studi kelayakan bisnis, pilihan letek pabrik hendaknya dapat dikaji dari beberapa faktor. Hasil kajian, kelak akan dianalisis lagi untuk mencapai keputusan akhir dimana pabrik akan didirikan. Faktor utama yang perlu diperhatikan antara lain :
§   Letak konsumen  potensial atau pasar sasaran yang akan dijadikan tempat produk dijual
§    Letak bahan baku utama.
§   Sumber tenaga kerja
§   Sumber daya seperti air, kondisi udara, tenaga listrik di sekitar pabrik adalah penting bagi prosees  produksi agar tidak terganggu, sehingga faktor-faktor ini perlu dipertimbangkan secara saksama.
§   Fasilitas transportasi yang  memadai untuk memindahkan bahan baku ke pabrik, dan memindahkan hasil produksi dari pabrik kepasar.
§   Fasilitas untuk pabrik.
§   Lingkungan masyarakat sekitar yang akan mempengaruhi aktivitas pabrik secara positif maupun negatif.
§   Peraturan pemerintah, misalnya dalam hal kawasn berikat dan AMDAL.
ü Bagi Perusahaan Jasa    
Letak lokasi fasilitas jasa dapat dibagi dua macam. Pertama, pelanggang datang ke lokasi fasilitas jasa, seperti pasien mendatangi tempat praktek dokter. Kedua, penyedia jasa mendatangi konsumen, seperti mobil pemadam kebakaran mendatangi lokasi kebakaran. Penentu lokasi fasilitas jasa perlu mempertimbangkan banyak hal, antara lain : mudah dan dapat di akses oleh konsumen, tempat parkir yang memadai,dapat diekspansi, lingkungan yang mendukung usaha, kesesuaian dengan lokasi pesaing dan  izin lokasi dari pihak yang berwenang.

7.    Perencanaan Tataletak (Layout)
ü Bagian Industri Manufaktur.
                  Bagi perusahaan manufaktur, paling tidak ada tiga jenis tempat yang perlu diatur layout-nya, berikut paparanya:
Tataletak pabrik. Tatalelak ( layout ) untuk industri manufaktur antara lain adalah pabrik seperti letak mesin-mesin, letak alat produksi, lajur pengangkutan barang,dan seterusnya. Letak dari fasilitas-fasilitas tersebut harus dikaji agar proses produksi dapat dijalankan secara efektif dan efisien.
Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penyusunan layout untuk pabrik, yaitu :
§  Sifat produk yang di buat.
§   Jenis proses produksi.
§  Jenis barang serta volume produksi yang dihasilkan.
§  Jumlah modal yang tersedia untuk proses produksinya.
§   Keluwesan atau fleksibilitas letak fasilitas-fasilitas
§   Aliran barang dalam proses produksi hendaknya sedemikian rupa sehingga tidak saling menghambat atau menggangu
§  Penggunaan ruangan hendaknya selain efektif untuk bekerja, hendaknya juga memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja
§  Letak mesin-mesin dan fasilitas lain hendaknya juga memperhatikan kemudahan-kemudahan dalam hal pemeliharaan dan pengawasan.

Tataletak kantor. Selain pabrik perusahaan manufaktur juga memiliki kantor. Terletak kantor hendaknya disesuaikan besar atau kecilnya investasi. Selain itu, tataletak harus dirancang dengan memperhatikan kemudahan dalam berkomunikasi, fleksibilititas pemakaian ruangan, struktur organisasi yang diterapkan, serta bentuk layanan yang dilaksanakan secara rutin.
Tataletak Gudang, sebagai tempat penyimpanan bahan baku maupun bahan jadi, hendaknya juga diatur layoutnya. Hal-hal utama yang perlu dicermati dalam penyusunan tataletak gudang antara lain besar/kecilnya nilai investasi, bahwa tataleiitak gudang fleksibel untuk memudahkan aktivitas bongkar muat barang, juga harus fleksibel untuk memudahkan pengaturan kembali jika jumlah barang yang disimpan berkurang atau bertambah.
ü  Bagian Industri Jasa
Tataletak (layout) ,tataletak fasilitas yang tersedia akan berpengaruh pada perspsi pelanggang atas kualitas suatu jasa. Unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam tataletak fasilitas jasa meliputi :
·         Pertimbangan Spasial
·         Perencanaan Ruangan
·         Perlengkapan/ Perabotan
·         Tatacahaya
·         Warna
·         Pesan-pesan yang disampaikan secara grafis
Desain Fasilitas Jasa
Dalam industri jasa desain dan tataletak fasilitas jasa erat hubungannya dengan pembentukan persepsi pelanggang, yang pada gilirannya akan berpengaruh terhadap kualitas jasa tersebut dimata pelanggang. Ada beberapa faktor utama yang berpengaruh dalam desain fasilitas jasa seperti:
      §  Sifat dan tujuan perusahaan jasa itu sendiri, karena hal ini akan menentukan berbagau persyaratan desainnya.
      §  Ketersediaan tanah dan kebutuhan akan ruang/tempat dimana jasa akan ditawarkan.
      §  Fleksibilitas desain apabila volume permintaan yang berubah-ubah dan spesikasi jasa yang cepat berkembang.
      §  Faktor estetis penataan yang rapi dan menarik pada fasilitas jasa dapat meningkatkan sikap positif pelanggang terhadap suatu jasa.
      §  Masyarakat dan lingkungan sekitar fasilitas jasa berpengaruh terhadap perusahaan, baik secara positif maupun negatif dilihat dari sisi perusahaan.
      §  Biaya konstruksi dan operasi serta sumber daya lain.


3.         Kelompok Masalah Operasional
8.    Perencanaan Jumlah Produksi
        Aktivitas produksi hendaknya direncanakan dengan baik agar jumlah produksi yang dihasilkan tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit. Dalam industri manufactur, ada beberapa faktor utama yang akan mempengaruhi perencenaan jumlah produksi perusahaan, yang biasanya dijadikan sebagai pembatas jumlah produksi yang akan dihasilkan. Faktor-faktor tersebut adalah :
o  Permintaan.
o  Kapasitas pabrik
o  Suplai bahan baku.
o  Modal kerja
o   Peraturan pemerintah dan ketentuan teknis lainnya juga berperan dalam perencanaan jumlah produksi.


9.    Manajemen Persediaan
                        Persediaan barang biasnya digunakan untuk mengantisipasi permintaan konsumen yang meningkat secara tajam, atau untuk mensupalai kekurangan bahan baku. Hal-hal yang pokok yang perlu dikaji dalam ranga studi kaelayakan antara lain adalah sebagai berikut:
ü Penentuan jumlah order
ü  Safety Stock
ü Inventory Sistem
ü Materials Requiment Planning

10.         Pengawasan Kualitas Produk
                    Kualitas produk baik barang maupun jasa merupakan suatu kesatuan karesterintik produk dan jasa dari pemasaran, rekayasa, manufaktur, dan pemeliharaan yang membuat produk dan jasa dapat memenuhi harapan-harapan para konsumen. Perencanaan kualitas. Aktivitas ini merupakan pengembangan dari produk dan proses untuk memenuhi kebutuhan konsumen, yang terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut.
o    Menentukan siapa konsumennya
o    Menentukan apa kebutuhan atau keinginan konsumen
o    Mengembangkan produk dan kualitas yang sesuai
o    Memgembangkan proses sebagai pedoman bagian operasi atau produksi.

     Pengendalian Kualitas, Aktiva ini dilakukan pada tahap operasi langkah-langkah yang dilakukan yaitu :
§   Evaluasi performansi aktual
§   Membandingkan performansi aktual dengan sasaran yang direncanakan
§   Mengambil tindakan terhadap penyimpangan.
§   Perbaikan Kualiatas. Aktivitas ketiga dari trilogi ini adalah bertujuan untuk mencapai tingkat yang lebih baik daripada sebelumnya.


2.3  Implikasi pada Studi Kelayakan Bisnis

            Hasil studi aspek teknis dan tekhnologi hendak memberikan informasi perihal :
  1. Bagaimana memilih strategi produksi, perencanaan produk, dan kualitasnya, sehingga ada pegangan yang jelas terhadap langkah langkah yang akan ditempuhdalam proses berikutnya.
  2. Bagaimana menentukan kapasitas produksi yang optimal sehingga kemampuannya dapat ditentukan, baik dalam rangka pemenuhan permintaan pasar sasaran maupun perencanaan peninggkatan pangsa pasar.
  3. Bagaimana proses pemilihan tekhnologi yang tepat guna sehingga kinerja yang diharapkan dari tekhnologi tersebut jelas.
  4. Penenentuan letak pabrik bagi industri manufaktur atau letak usaha bagi industei jasa.
  5. Penentuaan tataletak (layout) ini dalam pabrik atau terletak bagi industri jasa, seperti pada ruangan-ruangan kantor.
  6.  Menentukan perencanaan operasional, misalnya dalam jumlah hal produksi, hendaknya juga dianalisis.
  7. Khususnya dalam industri manufaktur, persediaan bahan baku hendaknya tidak kurang atau berlebih, demikian pula persediaan barang jadi.
  8. Pengawasan kaulitas produk, baik dalam bentuk barang ataupun jasa, hendaknya dapat dilakukan dengan baik.



BAB III


 
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Tujuan studi aspek teknik dan teknologi adalah untuk meyakini apakah secara teknis dan pilihan teknologi, rencana bisnis dapat dilaksanakan secara layak atau tidak layak , baik pada saat pembangunan proyek atau operasional secara rutin.Studi aspek teknik dan teknologi, meliputi:
a.       Penentuan strategi produksi, dan perencanaan produk
b.      Proses pemilihan teknologi untuk produksi
c.       Penentuan kapasitas produksi yang optimal
d.      Letak pabrik dan layoutnya, dan tata letak usaha dan layoutnya.
e.       Rencana operasianal dalam hal jumlah produksi.
f.       Rencana pengendalian persediaan bahan baku dan barang jadi.
g.      Pengawasan kualitas produk, baik dalam bentuk barang ataupun jasa

3.2  Saran
            Hendaknya perusahaan juga memperhatikan aspek teknik dan teknologi dalam studi kelayakan bisnis untuk perencanaan perusahaan yang lebih matang.


4 komentar:

  1. bagus dan sangat membantu dan ada musik membuat tidak bosan

    BalasHapus
  2. Lengkap sekali. apalagi ada musiknya, keren. awalnya nggak nyadar kalo musiknya dari blog ini, kirain ada yang salah sama laptop karena mp3 player nggak nyala tapi kok ada suara musik. sempet takut kirain ada hantu atau apa hahahaha good job dan keren

    BalasHapus